berita

DESIGNING INTERACTIVE AND ENGAGING ONLINE LEARNING MATERIAL

Lagi, salah satu dosen Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) memberi kontribusi positif pada dunia pendidikan khususnya diwilayah Cirebon dan Kuningan. Adalah Roghibatul Luthfiyah dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan dari Program studi pendidikan bahasa Inggris yang secara khusus diundang untuk memberikan pelatihan mendesain materi ajar bahasa inggris online interaktif bagi guru-guru Bahasa Inggris dari tiga MGMP (MGMP Kota Cirebon, MGMP Kabupaten Cirebon, dan MGMP Kabupaten Kuningan).

Kegiatan tersebut melibatkan 3 MGMP di atas,  Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Kegiatan yang dilaksanakan 8 hingga 9 desembr di SMAN 1 Cilimus tersebut bertujuan untuk peningkatan profesionalisme guru bahasa Inggris SMA, khususnya dalam blended learning. Atusiasme peserta terhadap kegiatan tersebut cukup terlihat. Ratusan peserta terdiri dari tiga MGMP (MGMP Kota Cirebon, MGMP Kabupaten Cirebon, dan MGMP Kabupaten Kuningan).

Salah satu materi yang disampaikan oleh Luthfi adalah mengajarkan bagaimana guru mendesain materi digital interaktif berupa Interactive Digital Comic yang dapat melibatkan (engage) siswa dalam pembelajaran campuran (blended learning).

Hadir dalam kegiatan tersebut dari Dinas Pendidikan Wilayah Jawa Barat, H. Asep Suhendi, S.Pd, M.Pd, yang merupakan kordinator pengawas cabang dinas wilayah X. menurut Asep, kegiatan seperti ini perlu terus dioptimalkan untuk mendukung para guru dalam mengadaptasi teknologi dalam proses pembelajaran. Hal senada juga disampaikan oleh Luthfi bahawa kedepan perlu penguatan pengetahuan dan keterampilan lanjutan dalam mendesain pembelajaran berbasis campuran (blended learning) yang efektif.

Sumber : Mahmud