Deutschland online bookmaker http://artbetting.de/bet365/ 100% Bonus.

Rektor Unswagati Lepas Mahasiswa PPL Kependidikan FKIP

CIREBON-Sebanyak 815 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati) Cirebon akan mengikuti kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di 93 sekolah SMP dan SMA/SMK di Kota/Kabupaten Cirebon. Peserta berasal dari 4 Program Studi yakni Pendidikan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Ekonomi. Mereka juga akan dibimbing 93 orang dosen pembimbing lapangan (DPL) serta 4 pembimbing akademik.

Demikian dilaporkan Dekan FKIP Unswagati Prof Dr H Abdul Rozak, M.Pd saat kegiatan pelepasan si aula FKIP Unswagati, Kamis (30/7). Kegiatan PPL kali ini, mahasiswa sudah diberikan pembekalan serta tidak akan berbenturan dengan kegiatan akademik lainnya sebagaimana PPL tahun sebelumnya yang dilaksanakan di semester genap sehingga berbenturan dengan kegiatan lainnya.

"PPL ini sebagai bentuk aplikasi nyata di sekolah dimana akan ada interaksi dengan guru, siswa, kepala sekolah dan juga unsur lainnya. Kepada praktikkan akan bertanggungjawab kepada sekolah dalam hal ini melalui guru pamongnya. Demikian juga bertanggungjawab kepada orangtua, masyarakat dan bangsa," jelas Prof Rozak seraya menambahkan agar mahasiswa praktikkan menambah laporannya dengan foto-foto kegiatan yang akan diunggah di website FKIP yang terintegrasi dengan website Universitas.

Sementara Rektor Unswagati Prof Dr H Rochanda Wiradinata, MP menyampaikan bahwa pelaksanaan PPL ini merupakan tahapan kegiatan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa FKIP selaku calon guru. "Pendidikan guru saat ini paradigmanya harus dimulai dengan mendasarkan pada paradigma ASEAN. Yakni, yang diantaranya perlu penguasaan bahasa Inggris. Karena kedepan akan banyak guru dari kawasan ASEAN akan keluar masuk ke Indonesia," ungkap Prof Djohan—panggilan akrab—Prof Rochanda.

Berkaitan dengan itu, Rektor berpesan agar semua pihak termasuk FKIP Unswagati ini harus mempersiapkan diri. Antara kain, sambungnya, menyiapkan english center untuk menunjang penguasaan bahasa Inggris di kalangan mahasiswanya. Di Unswagati kini di Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik sudah mulai memiliki kelas bilingual. "Bagi guru sendiri ia harus benar-benar profesional dimana ia juga harus sebagai paedagog (pengajar) juga sebagai scientist (ilmuan). Dan harus punya 5 bekal yakni mengajar membawa program, menguasai ilmunya, memiliki kemampuan, menguasai dalam belajar dan penampilan," paparnya.

Salah satu mahasiswa M Ghofar mengaku sudah siap untuk mempraktikkan ilmu yang telah dimilikinya di sekolah. "Kami sudah siap untuk terjun ke sekolah," aku mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi itu. Dalam pelepasan mahasiswa PPL tersebut dihadiri para wakil dekan di FKIP, Wakil Dekan 1 Dr Dede Endang, M.Pd, Wakil Dekan 2 Dr H Ena S. Praja, Wakil Dekan 3 Ferry Ferdianto, ST., M.Pd, para ketua prodi dan dosen di lingkungan Unswagati. (*)

 

PENYERAHAN BERKAS. Rektor Unswagati Prof Rochanda Wiradinata didampingi Dekan FKIP Prof Abdul Rozak saat menyerahkan berkas data mahasiswa PPL kepada para ketua program studi, sebagai simbol pelepasan, Kamis (30/7).

Download Template Joomla 3.0 free theme.

Search

You are here: Home Berita & Kegiatan Rektor Unswagati Lepas Mahasiswa PPL Kependidikan FKIP