Sejarah Singkat Prodi Pendidikan Ekonomi

Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan sebuah Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berada dibawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati), Cirebon. Program Studi Pendidikan Ekonomi didirikan pada tahun 1988 melalui SK Dikti No. 059/O/1988 tanggal 9 Februari 1988. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang Pendidikan Ekonomi merupakan tujuan utama yang diusung oleh Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.
Untuk itu, selain memiliki tata pamong dan kepemimpinan yang baik serta didukung oleh Sistem Penjaminan Mutu yang memadai, keberadaan kurikulum yang berkualitas dan responsif terhadap perkembangan zaman juga merupakan sebuah keharusan. Oleh karena itu, Prodi Pendidikan Ekonomi menyusun kurikulum yang mampu membekali lulusan bukan hanya dengan kompetensi pada bidang pengajaran dan pendidikan ekonomi, melainkan pula dalam bidang keahlian lain seperti tenaga keuangan, dan wirausahawan. Kompetensi tambahan ini sangat penting guna merespons perkembangan yang terjadi di masyarakat seperti semakin kompetitifnya menjadi guru di sekolah formal.
Sejak didirikansampai sekarang Program Studi Pendidikan Ekonomi, telah dipimpin oleh enam ketua program studi, yaitu:
1.    Prof. Dr. H. Rochanda Wiradinata, M.P. ( 1986 s.d 2000)
2.    Drs. Jimmy Hasoloan, M.M. (2000 s.d 2002)
3.    Drs. H. Endang Herawan, M.M. (2002 s.d 2008)
4.    Drs. H. Acep Komara, S.E., M.Si. (2008 s.d 2012)
5.    Enceng Yana, S.Pd., M.Pd (2012 s.d 2017)
6.    Arie Indra Gunawan, S.Pd., M.M. (2017 s.d 2019)
Saat ini Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diketuai oleh Enceng Yana, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Swadaya Gunung Jati memiliki reputasi yang membanggakan khususnya di Wilayah III Cirebon. Program studi ini merupakan program studi pertama di Wilayah III Cirebon. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sampai tahun 2017 ini jumlah alumni lebih dari 1400 lulusan, yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia serta memiliki beragam pekerjaan. Dalam memberikan layanan pendidikan kepada mahasiswa, Prodi Pendidikan Ekonomi didukung oleh sebagian besar dosen-dosen muda dengan dukungan dan bimbingan dosen-dosen senior. Semua dosen di Program Studi Pendidikan Ekonomi memiliki kualifikasi pendidikan minimal magister (S2), dan beberapa dosen sudah berkualifikasi pendidikan doktor (S3), selain itu beberapa dosen Prodi Pendidikan Ekonomi memiliki jabatan fungsional guru besar dan lektor kepala serta telah tersertifikasi dosen. Beberapa dosen Prodi Pendidikan Ekonomi sedang menempuh pendidikan lanjutan ke jenjang Doktor (S3) dibeberapa perguruan tinggi terkemuka.