Organisasi Mahasiswa

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
dan
DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA (DPM)


A.    Deskripsi Singkat
1.    Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) 

BEM merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Swadaya Gunung Jati (FKIP UGJ). BEM FKIP sebagai lembaga eksekutif tertinggi di tingkat fakultas mempunyai fungsi sebagai lembaga yang mengakomodasi, mengkonsolidasi dan mengkoordinasi aspirasi mahasiswa FKIP, serta sebagai lembaga yang mengkaji dan menanggapi isu-isu yang sedang berkembang di lingkungan FKIP. BEM FKIP juga menaungi lima Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) serta 3 Kegiatan Studi Mahiswa (KSM) yang ada di FKIP. Fungsi-fungsi tersebut sesuai dengan Peraturan Organisasi Kemahasiswaan (POK FKIP).

2.    Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
DPM merupakan lembaga legislatif dan yudikatif di tingkat fakultas. Lembaga yang mempunyai fungsi menampung dan memfasilitasi aspirasi mahasiswa di tingkat fakultas, mengawasi kinerja Organisasi Mahasiswa (ORMAWA FKIP), meminta laporan pertanggungjawaban selama satu periode terhadap kinerja ORMAWA FKIP, memberikan rekomendasi atas kebijakan yang ditetapkan BEM FKIP, serta lembaga yang dapat merekomendasikan digelarnya kongres luar biasa ORMAWA FKIP jika diperlukan. Fungsi-fungsi tersebut sesuai dengan Peraturan Organisasi Kemahasiswaan (POK FKIP).


B.    Program Kerja (PROKER)

Rapat Kerja ORMAWA (RAKER)

Raker adalah kegiatan awal seluruh ORMAWA FKIP dengan agenda pemaparan seluruh program kerja yang akan dilaksanakan selama satu periode, rencana tanggal pelaksanaan serta rencana keuangan selama satu tahun jabatan. Raker ini dilaksanakan dan dipimpin persidangannya oleh DPM FKIP.

 

2.    Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB FKIP)


PKKMB di Universitas Swadaya Gunung Jati dilakukan dengan dua kali tahap, pertama PKKMB di tingkat universitas dan PKKMB di tingkat fakultas. Tingkat fakultas, PKKMB dilaksanakan oleh BEM FKIP bekerjasama dengan seluruh Ormawa FKIP dan berkoordinasi dengan DPM FKIP dan pihak fakultas dalam segala pelaksanaan kegiatan.

 

3.    Kemah Bakti Sosial (KBS FKIP)

Kemah Bakti Sosial diikuti oleh seluruh mahasiswa baru FKIP dengan lima program studi. Kegiatan ini bersifat wajib dimana sebagai langkah awal pembelajaran sebagai tupoksi mahasiswa yaitu pengabdian kepada masyarakat. KBS ini dilakukan dengan agenda-agenda sosial seperti membersihkan lingkungan sekitar tempat kemah, mengajar di SD dan SMP, menanam 100 pohon, KBS ini pun sebagai ajang mahasiswa baru untuk mencintai kampusnya dan memperoleh identitas dengan menerima jas almamater. 

4.    Seminar Nasional

Seminar Nasional mengambil tema tentang Program Profesi Guru (PPG) yaitu “Peran Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional”. Narasumber dalam seminar ini adalah Direktur Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti yang diwakilkan oleh Kepala Subdirektorat Pembelajaran Khusus yaitu Dr. Uwes Anis Chaeruman, M.Pd dan Guru Besar FKIP UGJ yaitu Prof. Dr. Hj. Mintarsih D., M.Pd. Seminar dihadiri oleh 350 peserta terdiri dari mahasiswa FKIP UGJ, mahasiswa universitas se wilayah III Cirebon, guru honorer serta dosen.

 

5.    Bakti Sosial Bulan Ramadhan

Bakti sosial bulan ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BEM FKIP yang bekerjasama dengan seluruh Ormawa FKIP. Kegiatan ini meliputi qultum, buka puasa bersama serta memberikan santunan. 

6.    Penggalangan Dana Bencana

Penggalangan dana bencana dilakukan untuk membantu para korban bencana di Indonesia. Dilaksanakan di halaman Kampus 2 FKIP dengan mengadakan panggung penggalanangn dan unjuk bakat mahasiswa untuk menarik perhatian.

 

7.    Mengajar dan Santunan di Panti Asuhan

Kegiatan mengajar di panti asuhan ini bertujuan untuk melatih kemampuan mengajar mahasiswa yang merupakan calon guru. Mengajar ini dilakukan satu bulan dua kali, dengan jadwal hari Sabtu dan Minggu. Akhir kegiatan di tutup dengan santunan untuk panti asuhan.

 

8.   Berpartisipasi dalam Lomba Antar Mahasiswa

Mahasiswa FKIP mendapatkan juara 2 dalam lomba bulu tangkis kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa seluruh fakultas UGJ

 

9.    Peringatan Hari Guru

Hari guru diperingati oleh Ormawa FKIP dengan mengadakan panggung untuk unjuk bakat mahasiswa FKIP serta diskusi tentang permasalahan pendidikan di era abad 21.

 

10.  Festival FKIP

Festival FKIP diadakan oleh BEM FKIP dengan kegiatan mengadakan lomba cerdas cermat SD, lomba PMR, lomba bulu tangkis, lomba futsal, lomba paduan suara se wilayah III Cirebon. 

11.    Inaugurasi

Setelah melalui kegiatan PKKMB, mahasiswa baru wajib mengikuti inaugurasi. Kegiatan ini secara simbolis bahwa mahasiswa baru telah resmi menjadi mahasiswa UGJ. Inaugurasi diadakan dengan membuat panggung peresmian mahasiswa baru, dihadiri oleh seluruh Dekan setiap fakultas, dan juga Rektor dan seluruh Ormawa yang ada di UGJ. Kegiatan ini juga mahasiswa FKIP menampilkan beberapa bakat yang dimilikinya.

 

12.   Forum Diskusi Mahasiswa FKIP
 

Fungsi BEM salah satunya adalah membentuk forum mahasiswa bersama seluruh Ormawa. Kegiatan ini sebagai ajang evaluasi kinerja Ormawa, penampung aspirasi juga mengkaji masalah-masalah pendidikan

13.    Kunjungan ke BEM Universitas Wilayah Cirebon

Kunjungan ke BEM sekitar wilayah Cirebon ini dilakukan dengan tujuan sharing program kerja, administrasi dan permasalahan kampus yang ada. Juga bertujuan untuk menguatkan hubungan ekternal dengan universitas wilayah Cirebon misalnya UMC, IAIN, UNTAG. UNU, dll.

 

14.  Pemilihan Umum Mahasiswa FKIP

Pemilu Raya FKIP diadakan sebagai ajang pesta demokrasi mahasiswa FKIP untuk memilih seluruh ketua Ormawa FKIP dengan cara pencoblosan langsung, dengan melakukan serangkaian proses yaitu pendaftaran partai, pendaftaran calon ketua, debat kandidat, kampanye dan juga serah terima jabatan sekaligus pelantikan. 

 

15.    Rapat Anggota, Rapat Ormawa dan Upgrading 

Sebuah organisasi tidak akan mencapai tujuan secara maksimal jika SDM didalamnya tidak diasah, diolah dan disalurkan kemapuannya. Rapat anggota, rapat koordinasi Ormawa serta kegiatan upgrading ini bertujuan untuk mengasah kemampuan pengurus organisasi perihal administrasi, keuangan dll. Hal ini dilakukan guna belajar membangun sebuah organisasi yang tertib, menaati aturan yang ada serta berfungsi sebagai mana fungsinya yang tertera di dalam Peraturan Organisai Keemahasiswaan (POK FKIP)