berita

WORKSHOP KURIKULUM MBKM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UGJ

Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keterampilan melalui experiental learning yang berguna untuk memasuki dunia kerja dan pengembangan karakter. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menentukan mata kuliah di luar Program Studi secara terarah. (Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr.)

Sebagi komitmen dalam mengiplementasikan program Merdeka belajar, Prodi Pendidkan Bahasa Inggris FKIP UGJ turut ambil bagian. Bersama jajaran pimpinan fakultas Prodi pendidikan bahasa inggris melaksanakan workshop pengembangan kurikulum MBKM. Memebersamai kegiatan tersebut turut andil Prof. Dr. Dedi suherdi dari Universitas Pendidikan Indonesia. Dalam paparannya beliau menegaskan bahwa dunia pendidikan yang tidak melek teknologi dan perkembangan kurikulum kan tergilas oleh jaman dengan sendirinya. Lebih lanjut . Prof. Dr. Dedi suherdi berpesan agar prodi pendidikan bahasa inggris UGj akag senatiasa terus mengamati perkembangan dunia teknologi pendidkkan global agar tetap menjadi prodi yang  berwawasan mutakhir.

Hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan UGJ Dr. H Endang Herawan. Dalam sambutannya beliau juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitment FKIP khususnya prodi pendidkan bahasa inggris dalam menghadapi dunia pendidikan yang semakin terbuka. lebih lanjut juga beliau mengatakan bahwa kegitan program ini agar dapat menjadi jembatan kerjasama antar perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama tiga semester tersebut mencakup 30 SKS untuk beberpa Mata kuliah yang ditawarkan sperti : Introduction to Academic Writing, Introduction to Translation, Translation English to Indonesia and Vice Versa, Introduction to Academic Reading dan Quatitaive Research Methodology.

Adapun sebagai mitra kerjasama dalam hal ini adalah Universitas Pakuan. Yang juga menawarkan matakuliah yang dapat diikuti oleh mahasiswa prodi penddidikan bahasa inggris UGJ antara lain: Listening for Business Setting, Public Speaking, Teaching English As Foreign Language, Teaching English For Young Learner, dan Inetrcdulural Communication. Semntara untuk kerjasama penelitian Prodi pendidikan bahasa inggris UGJ menggandeng menganndeng LIPI sebagai mitra peneilitan.  

Sebagai mitra keterampilan life skill Prodi UGJ melibatkan  CV Indo Rotan Cirebon yang dipimpin oleh Bapak Aang Chumaidi. Dalam paparanya Aang berterimakasih karena sudah dilibat dalam dunia pendidikan, dan ini merupakan upaya dari CV indo rotan sebagai komitmen dalam dunia pendidikan Indonesia.

 

 

Sumber : Mahmud