ANALISIS NILAI PROFETIK PADA CERPEN KARYA ASMA NADIA SERTA PEMANFAATANYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERPEN SMA KELAS XI

Inayati Inayati, Mira Nuryanti, Mudopar Mudopar

Abstract


Abstrak

Penelitian analisis nilai profetik yang terkandung dalam cerpen Asma Nadia bertujuan: 1) menguraikan unsur pembangun pada cerpen karya Asma Nadia; 2) menjelaskan nilai profetik yang terdapat pada cerpen karya Asma Nadia; dan 3) membuat bahan ajar mengidentifikasi nilai profetik pada cerpen karya Asma Nadia yang sesuai dengan siswa SMA kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumen. Instrumen pengumpulan data pada cerpen, unsur pembangun cerpen, dan data nilai profetik menggunakan kartu pengumpul data sedangkan validasi desain bahan ajar menggunakan uji validasi ahli bahan ajar. Data hasil validasi yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: 1) cerpen karya Asma Nadia mengandung unsur pembangun yang sesuai dengan nilai profetik; 2) beberapa cerpen karya Asma Nadia mengandung nilai-nilai profetik yang dapat dijadikan pelajaran dalam kehidupan; dan 3) desain bahan ajar dapat direkomendasikan untuk pendidik maupun peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerpen. Teks cerpen karya Asma Nadia dapat dijadikan materi ajar atau sumber belajar dalam proses pembelajaran tingkat SMA sederajat kelas XI.

Kata Kunci: nilai profetik, deskriptif analitik, pembelajaran mengidentifikasi teks cerpen.

Full Text:

PDF

References


Telah diterbitkan dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua Universitas Trunojoyo Madura volume 2 No.2, Oktober 2017, halaman 40-47

Daftar Pustaka

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Aminudin. (2009). Pandai Memahami dan Menulis Cerita Pendek. Bandung: PT Pribumi Mekar.

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2014). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik Kelas XI. Jakarta.

Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: CV. Yrama Widya.

Kurniasi, I. & Sani, B. (2014). Buku Teks Pembelajaran. Surabaya: Kata Pena.

Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Maelasari. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Berbasis Nilai-Nilai Profetik Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Pengukuhan Jatidiri Kebudayaan Bangsa. Cirebon: FKIP Unswagati Press Sarana Eksplorasi Ilmu.

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Rohidayati. (2015). Nilai-Nilai Pendidikan Profetik dalam QS. Ali Imran 110. 2 April 2015. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo.

Soebachman, Agustina. (2014). 4 Hari Mahir Menulis. Yogyakarta: Surya Media Utama.

Sumardjo, J. (2004). Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pustaka Latifah.

Yaomi, M. (2014). Prinsip-Prinsipn Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.