PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG

Sri Asnawati

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan
metode pembelajan kuantum lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode
pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu
hipotesis yang diajukan yaitu metode pembelajaran kuantum berpengaruh signifikan
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan metode
pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek
penelitian siswa SMP kelas VIII sebanyak dua kelas yang terdiri dari 72 siswa siswa. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis siswa.
Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan
komunikasi matematis kelas eksperimen lebih baik secara signifikan setelah mendapatkan
pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kuantum dibandingkan dengan
siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori pada pokok bahasan bangun ruang yang
berfokus pada limas segi empat dengan alas persegi dan prsegi panjang di VIII SMP Negeri
2 Gunung Jati.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kuantum, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Full Text:

PDF

References


DePorter, Reardon, dan Nourie. (2010). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Joyce, B, Well, M, Calhoun, E. (2009). Model of teaching. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Kadir. (2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik,

Komunikasi Matematik dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Disertasi pada

SPs UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

National Cauncil of Teacher of Mathematics. (2000). Principle and Standards for

School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pugalee, D.A. (2001). Using Comunication to Develop Student Mathematical

Literacy. Mathematics Teaching in the Middle School, 6(5), 296-299.

[Online]. Tersedia: http://www.nctm.org/ercsources/article-

Summary.asp?URI=MTMS2001-01-296&from=B.

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Noneksakta

Lainnya.. Bandung: Tarsito.

_____________. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan

Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.

Bandung: Tasiro.

Sumarmo, U. (2012). Pendidikan Karakter serta Pengembangan Berfikir dan

Disposisi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Makalah yang

Disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika tanggal 25 Februari

Tahun 2012 di Nusa Tenggara Timur.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran (Pelengkap untuk

Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Para Guru dan Calon Guru

Profesional). Bandung: UPI.Wena, M. (2009).Strategi Pembelajaran

Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.