KUALITAS ALAT EVALUASI MATEMATIKA DALAM KEMAMPUAN KOGNITIF DAN ANALISISNYA

Ena Suhena Praja

Abstract


Betapapun baiknya suatu proses pembelajaran, bila tidak disertai pelaksanaan evaluasi yang baik, ada kemungkinan tujuan yang diharapkan tidak akan dapat tercapai secara optimal. Oleh karena itu agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, maka diperlukan alat evaluasi yang baik/berkualitas. Satu set soal dikatakan berkualitas bila soal itu diantaranya memiliki validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan indeks kesukaran yang baik. Sehubungan dengan hal tersebut, makalah ini bertujuan memberikan penjelasan tentang perlunya soal yang diberikan pada siswa harus berkualitas. Untuk mengetahui apakah alat evaluasi yang kita buat itu befkualitas atau tidak, diperlukan analisis, baik analisis melalui pakar ataupun melalui uji coba pada siswa. Makalah ini mencoba menganalisis satu set soal matematika dalam bentuk essay berdasarkan hasil pekerjaan siswa, sehingga dapat diketahui apakah soal tersebut berkualitas atau tidak. Hasil uji melalui ahli menunjukkan bahwa kelima ahli validitas tes memberikan pertimbangan yang sama tetapi ada soal yang perlu direvisi. Hasil uji coba pada siswa menunjukkan validitas dengan kriteria sangat baik dan baik, daya pembedanya termasuk kriteria baik dan sedang, tingkat kesukaran soal ada soal yang mudah sedang, dan sukar, sedangkan reliabilitasnya termasuk criteria sangat baik.
Kata Kunci: Alat Evaluasi, Validitas, Reliabilitas, Daya Pembeda, dan Indeks Kesukaran.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kemendikbud. Kurikulum 2013. Jakarta: Depdikbud.

Majid, A., dan Firdaus, A.S. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil. Bandung: Interes.

RUSEFFENDI, E.T. (2003). DASAR-DASAR PENELITIAN PENDIDIKAN. BANDUNG: UNNES PRESS.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suhena, E. 2009. Pengaruh Strategi REACT dalam Pembelajaran

Matematika terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman, Penalaran, dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Disertasi. Bandung: PPS UPI.

Suhena. 2001. Pembelajaran Keterampilan Proses Matematika melalui Belajar Kooperatif. Tesis. Bandung: PPS

UPI.

Sugiyono. (2004). Statistik Non Parametris. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.