ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MTs NEGERI 4 CIREBON

Fajar H, Anggita Maharani, Laelasari Laelasari

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu sekolah MTs
Negeri Cirebon yang mengalami kesulitan dan hambatan dalam proses pembelajaran
dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Permasalahan
tersebut membuat peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui kesulitan dan hambatan belajar siswa, serta upaya-upaya
yang guru lakukan untuk mengatasi kesulitan dan hambatan belajar pada
implementasi kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data
diperoleh dengan melakukan observasi, penyebaran angket, dan wawancara.
Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar observasi pembelajaran dan
aktivitas siswa di kelas, angket siswa, serta pedoman wawancara guru dan siswa.
Teknik analisis data adalah dengan anlisis data kualitataf, yaitu dengan reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah kesulitan dan
hambatan pada proses pembelajaran matematika serta upaya-upaya yang guru
lakukan untuk mengatasi kesulitan dan hambatan belajar siswa pada proses
pembelajaran matematika dengan menggunankan pendekatan saintifik. Kesulitan
yang muncul pada proses pembelajaran yaitu: (1) Siswa kesulitan dalam mengikuti
proses pembelajaran dengan metode pembelajaran secara berkelompok (cooprative
learning), (2) Kurangnya pemahaman siswa pada konsep matematis, (3) Siswa
kesulitan dalam memahami contoh-contoh permasalahan yang diberikan oleh guru,
(4) Siswa kesulitan menyimpulkan hasil belajar. Hambatan pada proses pembelajaran
yaitu: (1) Kurangnya bahan ajar siswa, (2) Kurangnya rasa percaya diri siswa pada
tahapan menanya, (3) Keadaan kelas yang tidak kondusif. (4) Kurang aktifnya siswa
pada kegiatan pembelajaran, (5) Kurangnya kesadaran dan motivasi siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran, (6) Adanya gangguan dari siswa lain pada proses
pembelajaran. Upaya-upaya yang guru lakukan untuk mengatasi kesulitan dan
hambatan belajar siswa pada proses pembelajaran: (1) Guru membimbing dan
mengarahkan siswa pada pembelajaran secara berkelompok, (2) Guru menjelaskan
kembali cara penyelesaian soal, (3) Memberikan motivasi dan rangsangan terhadap
rasa ingin tahu siswa, (4) Menginstruksikan membuat alat peraga (5)
Menginstruksikan siswa untuk mencari materi tambahan di internet.
Kata kunci: implementasi kurikulum 2013, pendekatan saintifik, kesulitan dan hambatan
belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Prosiding SEMNAS Pendidikan Matematika 2017 ISBN. 978-602-50629-0-2

┬ęProgram Studi Pendidikan Matematika FKIP-UNIKU

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem

Pembelajaran dalam Konteks

Kurikulum 2013.Bandung : PT.

Refika Aditama.

Ahmadi, A. dan Supriyono, W.

(2004). Psikologi Belajar

(Cetakan Kedua). Jakarta: Asdi

Mahasatya.

Atsnan, M.F. dan Gazali, R.Y. (2013).

Penerapan pendekatan

Scientifik dalam Pembelajaran

Matematika SMP Kelas VII

Materi Bilangan. Prosiding

Penguatan Peran Matematika

dan Pendidikan Matematika

Untuk Indonesia Lebih Baik.

ISBN: 978-979-16353-9-4,

-436.

Caryono, S. dan Suhartono, M.M.

(2012). Analisis Deskriftif

Faktor Penyebab Kesulitan

Belajar Mata Pelajaran

Matematika di SMA Negeri 8

Purworerjo Tahun Pelajaran

/2013. Prosiding

Kontribusi Pendidikan

Matematika dan Matematika

dalam Membangun Karakter

Guru dan Siswa. ISBN: 978-

-16353-8-7, 820-826.

Huda, M. (2015). Cooperative

Learning. Celeban Timur Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ibrahim. (2015).

DeskripsiImplementasi Kurikulum

dalam proses

Pembelajaran Matematika di

SMA N 3 Maros Kabupaten

Maros. Jurnal Daya Matematis

Vol. 3, 376-377.

Kencana, A.G. dan Huda, N. (2013).

Analisis Kesulitan

Berdasarkan Kemampuan

Pemahaman dalam

Menyelesaikan Soal Cerita

pada Materi Kubus dan Balok

di Kelas VIII SMP Negeri 30

Muaro Jambi. Prosiding

Semirata FMIPA Lampung.

-606.

Kuncara, A.W., Sujadi, I. dan Riyadi.

(2016). Analisis Proses

pembelajaran Matematika

Berdasarkan Kurikulum 2013

pada Materi Pokok Peluang

Kelas X SMA Negeri 1

Surakarta. Jurnal Elektronik

Pembelajaran Matematika

Vol.4, No.3, hal 352-365.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara,

M.R.2015.Penelitian Pendidikan

Matematika.

Bandung : PT. Revika

Aditama.

Machin, A. (2013). Implementasi

Pendekatan Saintifik,

Penanaman Karakter dan

Konservasi Pada

Pembelajaran Materi

PertumbuhanSiswa SMAN 1

Dempet. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia. FMIPA UNNES

Muliawan, J.U. (2014). Metode

Penelitian Pendidikan.

Yogyakarta: Gava Media.

Mulyasa, E. (2016). Pengembangan

dan Implementasi Kurikulum

Bandung: PT.Remaja

Rosdakarya.

Pratama, M.A. (2016). Problematika

Pembelajaran Matematika

Berbasis Kurikulum 2013

(Studi Kasus Kelas VII di SMP

Negeri 4 Klaten). Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Rahmawati, A.D., Riyadi. dan

Subanti, S., (2015). Analisis

Proses Pembelajaran Berbasis

Masalah (Problem Based

Learning) Matematika dengan

Pendekatan Ilmiah (Scientific

Approach) di SMA Negeri 1

Jogorogo Kelas X Kabupaten

Ngawi. Jurnal Elektronik

Pembelajaran Matematika

Vol.3, No, hal 1099-1109.

ISSN: 2339-1685.

Retnawati, H. (2015). Hambatan Guru

Metmatika Sekolah Menengah

Pertama dalam Menerapka

Kurikulum Baru. Jurnal

Cakrawala Pendidikan,

Oktober 2015, No. 3, 309-403.

Riduwan dan Akdoni . (2013). Rumus

dan Data dalam Aplikasi

Statistik (Cetakan Kelima).

Bandung : Alfabeta.

Rusman. (2015). Pembelajaran

Tematik Terpadu. Depok:

Kharisma-Rajagrafindo

Persada.

Sardiman, A.M., (2010). Interaksi dan

Motivasi Belajar Mengajar

(Edisi Kesatu). Jakarta:

Rajagrafindo Persada.

Setyosari, P. (2012). Metode Penellitin

Pendidikan dan

Pengembangannya (Edisi

kedua). Jakarta: Kencana.

Sukamadinata, N., dan Syaodih, E.

(2012). Kutikulum dan

Pembelajaran Kompetensi.

(Cetakan Kesatu). Bandung :

Refika Aditama.

Syah, M. (2005). Psikologi

Pendidikan dengan

Pendekatan Baru (Edisi

Revisi). Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum

(Cetakan Kesatu).

Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.