PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP

Sylvia Nopiani Prihatini, Anggita Maharani

Abstract


Abstrak. Model Quantum Teaching merupakan model pembelajaran PAKEM yang mengarahkan pada minat
belajar dan situasi pembelajaran yang menyenangkan. Quantum Teaching dapat menumbuhkan kreatifitas siswa
dan membuat siswa aktif pada saat pembelajaran berlangsung. Model Quantum Teaching merupakan inovasi
model pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran yang menyenangkan dimana seorang guru masuk ke
dalam dunia anak dan mengantarkan dunia pembelajaran pada dunia anak. Model pembelajaran Quantum
Teaching adalah model pembelajaran yang memfokuskan pada kegiatan pembelajaran yang menyenangkan,
dengan mengembangkan kreatifitas yang dimiliki oleh peserta didik sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Quantum Teaching,
untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dengan menggunakan model Quantum Teaching, untuk
menganalisis pengaruh penggunaan model Quantum Teaching terhadap kemampuan pemahaman matematis
siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan
yaitu Control Group Pretest-Posttest Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN
17 Kota Cirebon tahun ajaran 2016/2017, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh model Quantum Teaching terhadap kemampuan pemahaman
matematis siswa. Terbukti dari hasil uji t dengan tarafsignifikansi 0,005 didapat hasil uji t 0,000 dari gain kelas
eksperimen dan gain kelas kontrol, karena 0,000<0,005 artinya thitung < ttabel maka H0 ditolak. Prestasi belajar yang
menggunakan model Quantum Teaching lebih baik dari pada model konvensional.
Kata Kunci: Quantum Teaching, dan Kemampuan Pemahaman Matematis

Full Text:

PDF

References


PROSIDING SEMINAR NASIONAL IAIN SYEKH NURJATI CIREBON TAHUN 2017

Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa

Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI,

Bandung. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, ISSN: 1412-565X.

Bandung: UPI

De Porter., dkk. (2010). Quantum Teaching. Bandung : Kaifa

Hamalik, O. (2010). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Jihad dan Haris. (2010). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika

Aditama

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kharisma

Putra Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.