DESAIN DIDAKTIS KONSEP LUAS DAERAH DAN VOLUME BENDA PUTAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA

Ikin Sodikin, Anggita Maharani, Tonah Tonah

Abstract


Latar belakang dari penelitian yang berjudul “Desain Didaktis Konsep Luas Daerah dan Volume Benda
Putar dalam Pembelajaran Matematika SMA” ini adalah adanya learning obstacle yang dialami oleh
siswa dalam mempelajari konsep luas daerah dan volume benda putar, khususnya yang bersifat
epistimologis. Sebagai antisipasi agar learning obstacle yang sama tidak terulang kembali, maka dibuat
suatu desain didaktis yang dilengkapi dengan prediksi respon siswa. Selain learning obstacle sebagai
acuan, desain didaktis yang disusun juga disesuaikan dengan kompetensi-kompetensi matematika dan
teori-teori pembelajaran yang relevan. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
menyusun sebuah desain alternatif yang diharapkan mampu mengatasi kesulitan tersebut. Secara umum,
desain didaktis alternatif dikembangkan berdasarkan teorema pengkontrasan yang menuntut agar siswa
membangun sendiri pengetahuannya. Metode pengetahuan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui pengujian instrumen,
observasi, angket, studi dokumentasi. Intrumen tambahan juga digunakan dalam penelitian ini, yang
berfungsi untuk mengetahui efektivitas desain didaktis yang telah disusun. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa pada jenjang SMA kelas XII program studi IPA sebanyak 30 orang. Respon siswa yang
muncul pada saat implementasi desain didaktis, secara umum, sesuai dengan prediksi awal respon siswa
yang dibuat. Berdasarkan hasil penelitian, derajat peningkatan persentase kemampuan siswa yang
diperoleh termasuk dalam kategori sedang. Sehingga, dapat dikatakan bahwa desain didaktis yang
disusun cukup efektif mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep tersebut.
Kata Kunci: Desain Didaktis, Luas Daerah dan Volume Benda Putar

Full Text:

PDF

References


Prosiding Seminar Nasional UNESA tahun 2015

Kiat, Kiat Eng. 2003. Analysis of Students’ Difficulties in

Solving Integration Problems. The

Mathematics Educator Vol. 9, No.1, 39-5

Lidinillah, Dindin A. M. (2011). Educational Design

Research : a Theoretical Framework for

Action.[Online].

Tersedia:http://file.upi.edu/Direktori/KDTAS

IKMALAYA/DINDIN_ABDUL_MUIZ_LI

DINILLAH_(KD-TASIKMALAYA) [20

Agustus 2014].

Moleong, L. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi

Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryadi, D. 2011. Didactical Design Research (DDR)

dalam Pengembangan Pembelajaran

Matematika. Makalah pada seminar nasional

matematika UNES Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.