PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Anggita Maharani, Ferry Ferdianto, Wien Chindra Dewi

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan kemampuan penalaran
matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Model Kooperatif Tipe
Snowball Throwing dengan Strategi Student Team Heroic Leadersip berbantuan Alata Peraga
dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran scientific.; (2) Respon siswa terhadap penerapan
Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Strategi Student Team Heroic Leadersip
berbantuan Alat Peraga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plered Kabupaten Cirebon tahun
ajaran 2014/2015 yang sampelnya dipilih secara sampel purposif yaitu kelas VIII G sebagai
kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal
tes uraian penalaran matematis dan angket.Materi pembelajaran dalam penelitian ini adalah
pokok bahasan fungsi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan penalaran
matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran matematika menggunakan Model
Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Strategi Student Team Heroic Leadersip
berbantuan Alat Peraga dengan siswa yang mendapat pembelajaran scientific. Selain itu,
diperoleh respon yang positif diberikan siswa terhadap Model Kooperatif Tipe Snowball
Throwing dengan Strategi Student Team Heroic Leadersip berbantuan Alat Peraga.
Kata Kunci:Model Snowball Throwing, Strategi Student Team Heroic Leadership, Alat Peraga,
KemampuanPenalaran Matematis

Full Text:

PDF

References


PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA AHMAD DAHLAN (SENDIKMAD) TAHUN 2014

Arikunto, S.2006. Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineke Cipta.

Arsyad, A. 2013.Media Pembelajaran.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jihad, dkk. 2008. Perkembangan

KurikulumMatematika.

Yogyakarta: Multi Pressindo.

Komalasari, K. 2011. Pembelajaran

Kontekstual Konsep dan Aplikasi.

Bandung: PT Refika Aditama.

Setyanti D, R. 2007. Efektivitas

Pembelajaran Matematika

Bangun Ruang dengan Strategi

Student Team Heroic Leadrship

dan Pemberian TugasTerstruktur

pada Peserta Didik. Semarang:

Universitas Negeri Semarang.

(http://www.Koleksiskripsi.com/2

/03/06-

efektivitaspembelajaranmatematik

a.html, diakses3 Februari2014).

Shadiq, F. 2004. Penalaran, Pemecahan

Masalah, dan Komunikasi Dalam

Pembelajaran Matematika.

Yogyakarta: Depdiknas.

Slavin R, E. 2005. Cooperative

Learning: theory, research, and

practice, terj.Narulita Yusron

London: Allymand Bacon.

Widodo, R. 2009. Model Pembelajaran

Snowball Throwing. Jakarta: PT.

Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.