PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN STRATEGI “MARTIN” TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Anggita Maharani, Marten Christian Mantik

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan keterampilan proses
siswa selama mengikuti pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses siswa
dengan strategi ―MARTIN‖, pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses
dengan strategi ―MARTIN‖ terhadap kemampuan penalaran matematis siswa serta
untuk mengetahui kebermaknaan belajar siswa terhadap pembelajaran matematika
dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan strategi ―MARTIN‖.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMA
NEGERI 9 Cirebon tahun ajaran 2014/2015 yang sampelnya dipilih secara insidental
yaitu kelas X MIA-4 sebagai kelas eksperimen menggunakan pendekatan keterampilan
proses dengan strategi ―MARTIN‖ pada materi sistem persamaan linear. Jumlah
sampel adalah 27 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka
keterampilan proses siswa selama proses belajar mengajar dengan menggunakan
pendekatan keterampilan proses siswa dengan strategi ―MARTIN‖ menjadi lebih
terampil dalam setiap kegiatan proses pembelajaran, penggunaan pendekatan
keterampilan proses dengan strategi ―MARTIN‖ memberikan pengaruh terhadap
kemampuan penalaran matematis siswa sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif
pembelajaran dikelas, dan hasil kebermaknaan belajar siswa terhadap pembelajaran
matematika dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses siswa dengan
strategi ―MARTIN‖, menunjukan hampir seluruhnya itu artinya bahwa kebermaknaan
belajar siswa menggunakan pendekatan keterampilan proses siswa dengan strategi
―MARTIN‖ mendapatkan respon positif.
Kata Kunci: pendekatan keterampilan proses, strategi “MARTIN”, penalaran
matematis

Full Text:

PDF

References


PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA AHMAD DAHLAN (SENDIKMAD) TAHUN 2014

Afgani D. 2011. Analisis Kurikulum

Matematika. Jakarta:

UNIVERSITAS TERBUKA.

Semiawan, dkk. 1992. Pendekatan

Keterampilan Proses ; Bagaimana

Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar.

Jakarta: Gramedia.

Shadiq. 2009. Kemahiran Matematika.

Yogyakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Direktorat

Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik

dan Tenaga Kependidikan

Pusat Pengembangan dan

Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga

Kependidikan Matematika.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Wiyarna. 2008. Efektivitas

Pembelajaran Matematika

Dengan Strategi MARTIN Pada

Materi Sistem Persamaan

Linear Kelas X. Tesis pada

Program Pascasarjana UNNES

Semarang: Tidak diterbitka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.