DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATERI SEGI EMPAT UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Amelia Purnamasari Rusadi, Muchammad Subali Noto, Surya Amami Pramuditya

Abstract


Abstrak
Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting dalam ilmu pendidikan. Salah satu materi yang ruang lingkupnya luas adalah geometri. Namun penguasaan pada meteri ini masih rendah dikarenakan masih banyak yang belum menggunakan media dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain media pembelajaran yang valid dan praktis agar dapat digunakan dalam pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas pada materi segi empat untuk siswa SMP kelas VII. Media pembelajaran yang digunakan berupa game edukasi yang bergenre Role Playing Game (RPG). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang disederhanakan menjadi ADD (Analysis, Design, Development). Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar validasi dan lembar praktikalitas. Data diperoleh melalui uji validasi, praktikalitas dan wawancara. Media pembelajaran ini diuji kevalidannya oleh 5 orang dan untuk kepraktisannya diuji kepada 9 orang siswa. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis game edukasi valid dan praktis. Presentase kevalidan sebesar 94,11% sehingga media pembelajaran dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Presentase praktikalitas sebesar 96,61% sehingga media pembelajaran praktis dan mudah digunakan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis game edukasi sebaiknya membuat lembar evaluasi berupa soal untuk mengetahui siswa telah menggunakan media ini atau tidak.
Kata Kunci. media pembelajaran, game edukasi, ADDIE, segi empat

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Akbar, S. (2013). Instrumen Peangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamdunah. (2015). Praktikalitas Pengembangan Modul Kontruktivisme Dan Website Pada Materi Lingkaran Dan Bola. Lemma. 2, (1), hal 42-35.

Narmada, I.N., dkk. (2015). ”Pengembangan Game Edukasi Tradisional Pupuh Berbasis Android”. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI). 4, (5), hal 1-8.

Nopriana, T. (2014) Berfikir Geometri melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele. Diakses di http://www.fkipunswagati. ac.id/ejournal/index.php/repository/article/download/126/123. Tanggal 5 Juli 2017

Pho, A and Dinscore, A. (2015). Game-Based Learning. Diakses di http://acrl.ala.org/IS/wp-content/uploads/2014/05/spring2015.pdf. Tanggal 8 September 2017

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Syaefullah, D. (2017). GAME EDUKASI RPG MATEMATIKA. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1).

Putra, H.D. (2011). Pembelajaran Geometri Dengan Pendekatan Savi Berbantuan Wingeom Untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa Smp. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 1, hal 1-11. Bandung

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari. 1, (2), hal. 33-44

Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.