Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Pada Mata Kuliah Kalkulus III

Anggita Maharani, Setiyani Setiyani, Ferry Ferdianto

Abstract


Matematika merupakan ilmu penalaran yang tersusun secara hierarki sehingga untuk dapat mempelajari matematika diperlukan kontinuitas secara berkesinambungan. Dalam mempelajari matematika, pengetahuan dasar akan sangat mempengaruhi pengembangan konsep selanjutnya. Mata kuliah Kalkulus-

III yang diberikan pada mahasiswa semester 4 program pendidikan matematika merupakan bentuk pengembangan atau kelanjutan dari mata kuliah Kalkulus-1 dan Kalkulus-2. Mata kuliah Kalkukus-III merupakan generalisasi konsep kalkulus deferensial dan integral fungsi satu peubah ke dalam konsep kalkulus deferansial dan integral fungsi peubah banyak yang bernilai real atau vektor. Bagi hampir seluruh mahasiswa, Kalkulus dianggap sebagai mata kuliah yang paling sulit untuk dipahami. Dengan melibatkan sejumlah 157 mahasiswa semester 4 sebagai sampel yang dipilih secara random, penelitian ini mengungkap hal-hal yang dianggap sebagai faktor hambatan belajar (learning obstacle) mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus-III. Penelitian ini merupakan metode kualitatif dengan analisa data secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa hambatan mahasiswa dalam mempelajari Kalkulus-III pada umumnya terletak pada kemampuan mendasar yakni aljabar & geometri. Bagian lain yang dianggap lebih sulit adalah tentang barisan tak hingga dan konsep limit. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, perlu kiranya bagi pengajar mata kuliah Kalkulus-III untuk dapat mengembangkan strategi pembelajarannya agar mahasiswa dapat lebih terasah kemampuan berfikirnya. Mata Kuliah Kalkulus seringkali dianggap sebagai modal untuk dapat mempelajari mata kuliah lain yang berada pada tingkatan yang lebih tinggi. Namun untuk dapat menguasai Kalkulus, mahasiswa haruslah menguasai konsep-konsep yang ada pada aljabar dan geometri. Oleh karenanya, sangat penting bagi mahasiswa memahami konsep aljabar dan geometri.

Full Text:

PDF

References


Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD 2014) Yogyakarta, 27 Desember 2014

Cornu, B. Limit In 30/05/2014 .O. Tall (Ed), Advanced Mathematical Thinking (pp. 153 - 166). Dordrecht

Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD 2014) Yogyakarta, 27 Desember 2014

Prosiding ISSN :9 772407 749004

: Kluwer Academic Publisher. (1991)

Suratno, T. Memahami kompleksitas pengajaran-Pembelajaran dan kondisi pendidikan dan pekrjaan guru. Hand out perkuliahan. Bandung: Tidak diterbitkan. (2009).

Suryadi, D. Didactical Design Research (DDR) dalam pengembangan

pembelajaran matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika UNNES. (2010).

Usman, Eka Diniatri. 2013. Meningkatkan Penalaran Siswa SMP melalui Pendekatan Kontekstual. SMP Padalarang Kabupaten Bandung Vol. 1, 2013: pp 100-102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.