DESAIN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTASIONAL ABSTRACT (CRA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS

Setiyani Setiyani, Sari Kuntari W

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik dengan ditemukannya hambatan belajar khususnya hambatan yang bersifat epistimologis terkait materi perbandingan trigonometri. Salah satu arternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat suatu desain modul pembelajaran dengan pendekatan Concrete Representasional Abstract (CRA) sehingga diharapkan dapat meminimalisir hambatan belajar peserta didik. Tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hambatan belajar peserta didik dalam memahami materi perbandingan trigonometri, mengetahui bagaimana desain modul pembelajaran, mengetahui bagaimana pemahaman matematis peserta didik setelah implementasi modul pembelajaran, mengetahui bagaimana konsep diri peserta didik dalam pembelajaran matematika setelah implementasi modul pembelajaran, dan mengetahui bagaimana intervensi guru dalam implementasi modul pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian desain menggunakan Didactical Design Research (DDR) dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui uji instrumen hambatan belajar dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik MAN 1 Kota Cirebon dimana pada saat identifikasi hambatan belajar yang dilakukan pada 33 peserta didik di kelas X MIA 2 dan pada saat implementasi modul pembelajaran dilakukan pada 40 peserta didik di kelas XI MIA 4. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa hambatan belajar yang dialami oleh peserta didik terkait materi perbandingan, yaitu menentukan nilai perbandingan trigonometri terhadap segitiga siku-siku dan terhadap sudut istimewa, mengilustrasikan soal ke bentuk gambar, menentukan luas segitiga siku-siku dan segitiga sembarang, dan memberikan contoh atau bukan contoh dari konsep matematika. Validasi modul pembelajaran dilakukan oleh 5 ahli (validator) yang berkriteria cukup valid, atau dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Rata-rata kemampuan pemahaman matematis peserta didik termasuk pada interpretasi sedang. Implementasi modul pembelajaran sesuai dengan prediksi yang dibuat.

Kata Kunci: Hambatan Belajar, Didactical Design Research (DDR), Pendekatan Concrete Representasional Abstract (CRA), dan Kemampuan Pemahaman Matematis.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

PROSIDING

SEMINAR NASIONAL IAIN SYEKH NURJATI

Cirebon, 06 Februari 2017

TEMA : Proyeksi Pendidikan Matematika dalam Menjawab Tantangan Globalisasi

Halaman : 28 – 34

Afgani, J. D. 2011. Analisis Kurikulum Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Putri, H. E. 2015. The Influence of Concrete Pictorial Abstract (CPA) Approach To The Mathematical Representation Ability Achievement of The Pre-Service Teachers At lementary School. Internasional Journal of Education and Research, Vol 3, No 6, 24115881.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Didi. 2013. Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Posiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 1, 977-2338831.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.