IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MAHASISWA TINGKAT 1 PADA PERKULIAHAN STATISTIKA DASAR DI FKIP UNSWAGATI CIREBON

Setiyani Setiyani, Anggita Maharani, Nurul Ikhsan Karimah

Abstract


Kemampuan representasi merupakan salah satu kemampuan yang harus diperhatikan oleh
dosen dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Kemampuan representasi dapat
membantu mahasiswa dalam mengkomunikasikan pemikiran mereka. Namun pada
kenyataannya kemampuan representasi mahasiswa tingkat 1 pada mata kuliah statistika
dasar masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model berbasis
masalahterhadap kemampuan representasi matematis mahasiswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa tingkat 1
pendidikan matematika Universitas Swadaya Gunung jati (Unswagati) Cirebon dan untuk
teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel
dalam penelitian ini adalah kelas 1 C yang berjumlah 22 mahasiswa. Pengambilan data
dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran dengan perlakuan.
Pengolahan data menggunakan uji regresi dengan menggunakan bantuan Statistical Product
and Service Solution (SPSS )versi 17. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas berpengaruh
pada kemampuan representasi matematis mahasiswa, peningkatan kemampuan representasi
matematis dilihat dari gain skor dalam kategori sedang.Pengaruh aktivitas mahasiswa
menggunakan model PBL sebesar 41,9 terhadap kemampuan representasi matematis.
Pembelajaran berbasis masalah ini memberikan masalah di awal pembelajran, sehingga
peran dosen dalam membimbing mahasiswa harus optimal.
Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, aktivitas mahasiswa, kemampuan
representasi matematis

Full Text:

PDF

References


Abdullah, IH. 2012. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Prosiding. ISBN: 978-979-16353-8-7.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RINEKA

CIPTA.

Heriawan, dkk. 2012. Metodologi Pembelajaran. Serang: LP3G.

Irma. KR. 2006. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Di kelas XI SMA

Negeri 3 Magelang. Skripsi. FKIP Magelang: Tidak Diterbitkan.

Jihad dan Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: BUMI AKSARA.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Libarary of

Congress Cataloguing-in-Publication. ISBN 0-87353-480-8.

Pratiwi, DE. dkk. 2013. Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAS)

Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP.

Jurnal. Tidak Diterbitkan.

Purwandari, N. 2011. Pengaruh Strategi Pikat Berbantuan CD Pembelajaran dan

Contextual Teaching Learning Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar

Siswa Pada Materi Suku Banyak Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA N 5

Semarang. Skripsi. IKIP PGRI Semarang: Tidak Diterbitkan.

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Riduwan dan Kuncoro. 2008. Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur

(Path Analysis). Bandung: ALPABETA.

Ruseffendi. 2005. Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta

Lainnya. Bandung: Tarsito.

Saefuddin, A. dkk. Statistika Dasar. Jakarta: GRASINDO.

Sagala, S. 2013. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA

(Anggota IKAPI)

Sudjana, D. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Remaja Rosdakrya:

Bandung.

Sudjana dan Suwariah. 2010. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA, cv.

Suherman & Sukjaya. (1990). Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung:

WIJAYAKUSUMA.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:

KENCANA PRENADA MEDIA GRUP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.