MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TOPIK BANGUN RUANG SISI DATAR

Setiyani Setiyani

Abstract


Pengembangan kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika. Melalui pembelajaran matematika, siswa diharapkan memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta memiliki kemampuan bekerja sama (Depdiknas, 2004). Kemampuan berpikir kreatif seseorang diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjadi penentu kesuksesan individu dalam menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Kreativitas tidak hanya dimiliki oleh siswa yang luar biasa ataupun bakat seseorang sejak ia dilahirkan. Saat ini, pengembangkan kreativitas telah menjadi salah satu fokus pembelajaran yang dapat dikembangkan melalui proses belajar mengajar, termasuk pembelajaran matematika. Salah satu topik dalam matematika yang berpotensi sebagai sarana mengembangkan kreativitas adalah topik bangun ruang sisi datar. Potensi demikian dimiliki topik ini karena terdapat beragam representasi untuk menyajikan topik ini. Beragam representasi ini dapat menstimulasi kemampuan berpikir fleksibel siswa dalam mengkomunikasikan ide-ide matematika terkait bangun ruang sisi datar.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika, Bangun Ruang Sisi Datar, Soal Divergen

Full Text:

PDF

References


PROSIDING SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA VII UNNES

Tanggal 26 Oktober 2013

Tema : Peran Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Membangun Fondasi Karakter Bangsa

Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Awang dan Ramli. 2008. Creative Thinking Skill Approach Through Problem-Based Learning: Pedagogy and Practice in the Engineering Classroom. International Journal of Human and Social Sciences. 3(1) : 19-20.

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP

Dickhut, J. E. 2007. A Brief Review of Creativity. [Online]. Tersedia://deseretnews.

com/dn/view/0,1249,510054502,00.html. [5 Maret 2013]

Gafur, A. 1989. Disain Instruksional. Solo: Tiga Serangkai.

Grieshober, W. E. 2004. Dictionary of Creativity. New York: International Center

for Studies in Creativity State University of New York College at Buffalo.

Hudojo, H. 2005. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Malang:Universitas Negeri Malang.

Mahmudi, Ali. 2009. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Topik Pecahan. Makalah Disampaikan Pada Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran, dan Terapannya. Yogyakarta. 31 januari 2009.

McGregor, D. 2007. Developing Thinking Developing Learning. Poland: Open

University Press.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pehnoken, E. (1997). The State-of-Art in Mathematical Creativity. [Online]

Zentralblatt für Didaktik der Mathematik (ZDM) – The International Journal on Mathematics Education. Tersedia :http://www.emis.de/journals/ZDM/

zdm973a1.pdf . [15 Januari 2013]

Maitree Inprasitha, M. Open-Ended Approach And Teacher Education. [Online]. Tersedia : http://www.human.tsukuba.ac.jp/~mathedu/2514.pdf. [31 Mei 2013]

Mann, E. L. (2005). Mathematical Creativity and School Mathematics: Indicators of

Mathematical Creativity in Middle School Students. Disertasi University of

Connectitut. [Online]. Tersedia: http://www.gifted.uconn.edu/

siegle/Dissertations/Eric%20Mann.pdf". [15 November 2013]

Tall, D. (ed.). 1991. Advanced Mathematical Thinking. Dordrecht,The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.