PENDEKATAN METAKOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Agusmanto JB Hutauruk

Abstract


Seringkali siswa mengikuti suatu instruksi dalam memecahkan masalah matematika tanpa menyadari apa yang mereka lakukan, mengapa mereka melakukan, dan bahkan tidak tahu apa yang harus mereka lakukan dengan tugas tersebut. Sementara untuk menjadi seorang pemecah masalah yang baik, seseorang harus memiliki kemampuan metakognisi yang baik. Dengan kesadaran metakognisi, siswa terlatih untuk selalu merancang strategi terbaik dalam memilih, mengingat, mengenali kembali, mengorganisasi informasi yang dimilikinya serta menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Siswa akan terbiasa untuk selalu memonitor, mengontrol dan mengevaluasi hal yang telah dilakukannya. Pendekatan metakognitif dalam pembelajaran matematika dapat dilaksanakan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan kartu metakognisi, yang berisi pertanyaan-pertanyaan metakognitif yang dapat disesuaikan dan disusun berdasarkan topik atau materi yang sedang dipelajari di kelas.
Kata Kunci: Metakognisi, Pembelajaran Metakognitif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.