Kajian Pemodelan Matematika dengan Konsep Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial

Dian Permana Putri, Herri Sulaiman, Ika Wahyuni, Jajo Firman Raharjo

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan dan motivasi mahasiswa melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar dan efektivitas pendekatan PMR dalam mata kuliah Persamaan Diferensial.

Berdasarkan hasil penelitian dan uji coba yang dilakukan menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh keaktifan dan motivasi mahasiswa melalui pendekatan PMR terhadap hasil belajar dalam mata kuliah Persamaan Diferensial (2) PMR efektif diterapkan dalam mata kuliah Persamaan Diferensial. Hal ini berdasarkan pada hasil uji regresi yang menyimpulkan bahwa hasil belajar matematis dipengaruhi oleh keaktifan dan motivasi mahasiswa yaitu sebesar 85,4%.

Berdasarkan uji ketuntasan diperoleh secara klasikal yaitu lebih dari 75% dan uji ketuntasan secara individual sebesar 75,66 yang ternyata lebih besar dari batas KKM yaitu 65. Lebih lanjut, berdasarkan uji perbedaan rata-rata diperoleh bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dengan pendekatan PMR lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang pendekatannya menggunakan pembelajaran konvensional.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa PMR efektif diterapkan pada mata kuliah Persamaan Diferensial.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), hasil belajar, motivasi, persamaan diferensial

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.