PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada salah satu SMA Negeri di Kota Cirebon)

Ika Wahyuni, Cita Dwi Rosita, Mira Karmila Agustien

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingkat pencapaian hasil belajar siswa dan kemampuan
berpikir aljabar siswa yang masih rendah, serta kurangnya kemandirian belajar siswa dalam
matematika yang masih jauh di bawah nilai yang diharapkan. Hal ini didukung dengan hasil
nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas X pada materi SPLDV adalah 56,43 dengan persentase
kelulusan 20%. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa
kelas X pada salah satu SMA Negeri di Kota Cirebon, sampelnya dipilih secara purposive
sampling. Kelas yang dipilih untuk menjadi sampel, yaitu kelas X IIS 6. Instrumen yang
digunakan berupa soal tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir aljabar dan skala
kemandirian belajar. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan batuan software SPSS 16,
penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari aktivitas siswa
yang ditumbuhkan dengan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir aljabar
siswa, serta terdapat pengaruh dari aktivitas siswa yang ditumbuhkan dengan model
pembelajaran Treffinger terhadap kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Treffinger, Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa,
Kemandirian Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Abdul. 2007. Perencanaan

Pembelajaran Mengembangkan

Standar Kompetensi Guru.

Bandung: Rosda Karya.

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model

Pengajaran dan Pembelajaran.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kieran, Carolyn. (2004). ―Algebraic

Thinking in the Early Grades:

What Is it?‖. The Mathematics

Educator. 8, (1), 139 – 151.

Kriegler, Shelley. (2008). ―Just What Is

Algebraic Thinking?‖. Tersedia:

http://www.introtoalg.com/downl

oads/articles-01-kriegler.pdf.

Priyo, Bambang D. (2010). Peningkatan

Kreativitas dan Pemecahan

Masalah Bagi Calon Guru

Matematika Melalui

Pembelajaran Model Treffinger.

Makalah Seminar Nasional

Matematika dan Pendidikan

Matematika FMIPA UNY.

Pomalato, Sarson W. Dj. (2006).

Mengembangkan Kreativitas

Matematik Siswa dalam

Pembelajaran Matematika

Melalui Pendekatan Model

Treffinger. Univesitas Negeri

Gorontalo.

Sumarmo, Utari. (2010). Kemandirian

Belajar: Apa, Mengapa, dan

Bagaimana Dikembangkan

pada Peserta Didik. Makalah

FPMIPA UPI. Bandung: tidak

diterbitkan.

Treffinger, D. J. (1980). A Premilinary

Model of Creative Learning. In

Gifted Child Ouarterly 24f:

– 138.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.