ANALISIS FITUR KEBAHASAAN DALAM TEKS ULASAN

Mira Nuryanti, Riskha Arfiyanti

Abstract


Dalam implementasi Kurikulum 2013, guru menghadapi sejumlah kendala, yakni setelah menganalisis silabus dan buku ajar, banyak teori tata bahasa yang baru mereka ketahui. Hal tersebut disebabkan materi teks diadaptasi dari bahasa Inggris sehingga kaidah kebahasaan yang menggandeng teks pun berasal dari tata bahasa bahasa Inggris. Fitur kebahasaan yang muncul dalam sebuah teks memiliki kekhasan masing-masing. Setiap teks digandeng oleh tata bahasa yang melekatinya. Menurut guru bahasa Indonesia untuk jenjang SMP, fitur kebahasaan dalam teks ulasan yang paling sulit diajarkan pada siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis fitur kebahasaan yang muncul dalam teks ulasan. Rumusan masalah adalah sebagai berikut. 1) Fitur kebahasaan apa sajakah yang tampak dalam teks ulasan? 2) Bagaimana hasil perbandingan anailsis fitur kebahasaan teks ulasan pada buku ajar dan teks ulasan sebagai produk jurnalistik? Berdasarkan hasil analisis, fitur kebahasaan teks ulasan dalam silabus sesuai dengan fitur kebahasaan teks ulasan yang dimuat di media massa. Namun, kata metafora tidak tampak dalam teks ulasan jurnalistik media massa. Hasil analisis akan dijadikan sumber pembuatan desain bahan ajar berupa modul pada penelitian selanjutnya.
Kata Kunci: teks ulasan, fitur kebahasaan

Full Text:

PDF

References


Penulis Mira Nuryanti, Riskha Arfiyanti

Tanggal Publikasi 14 November 2015

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dengan tema "Solusi Kurikulum, Pembelajaran, dan Penilaian Pendidikan

ISBN 978-602-73524-0-7

Penerbit Yayasan Indonesia Bermutu

Halaman 179-192


Refbacks

  • There are currently no refbacks.