Peran Strategis Diglosia Bahasa di Desa Cipejeuh Wetan, Cirebon

hesti muliawati

Abstract


PERAN STRATEGIS DIGLOSIA BAHASA DI DESA CIPEJEUH WETAN, CIREBON
Hesti Muliawati
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP UNSWAGATI Cirebon
Jl. Perjuangan No. 2 Cirebon, Jawa Barat 40153
hestimuliawati@yahoo.com

ABSTRAK
Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman tidak dapat dihindari, akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Untuk memenuhi semua itu diperlukan adanya alat komunikasi yang berupa bahasa. Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang paling efektif untuk mengungkapkan sebuah ide atau gagasan dan menjadi ciri khas setiap individunya. Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu hakikat bahasa adalah bersifat dinamis. Akan terus mengalami perubahan dan perkembangan.
Di negara Indonesia ini, hal yang sangat biasa jika masyarakatnya dikategorikan dwibahasa bahkan multibahasa. Terjadinya kontak bahasa pasti akan terjadi diantara daerah yang berbatasan wilayahnya. Hal seperti itu terjadi di Desa Cipejeuh Wetan, Kabupaten Cirebon yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Kabupaten Kuningan.
Adapun tujuan dari penelitian ini, yakni: 1) mendeskripsikan diglosia bahasa Desa Cipejeuh Wetan, Cirebon; dan 2) mendeskripsikan pemertahanan bahasa yang terjadi di Desa Cipejeuh Wetan, Cirebon. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa masyarakat Desa Cipejeuh Wetan, Cirebon masih mempertahankan bahasa daerahnya dan terjadinya dua bahasa yang hidup berdampingan yang memiliki peran strategis bahasa masing-masing antara bahasa Jawa dan Bahasa Sunda.

Kata kunci: diglosia bahasa dan pemertahanan bahasa

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Penulis : Hesti Muliawati

Tanggal Publikasi : 26 Oktober 2016

Prosiding Forum Ilmiah XII, Seminar Internasional Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannnya FPBS UPI dengan tema "Peranan Bahasa pada Masyarakat Ekonomi ASEAN"

ISBN : 978-979-3786-70-4

Halaman 120-125

Penerbit : UPI Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.