Kajian Pemodelan Matematika dengan Konsep Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial

Dian Permana Putri, Herri Sulaiman, Ika Wahyuni, Jajo Firman Raharjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam mata kuliah Persamaan Diferensial terhadap hasil belajar dan efektivitas PMR terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan uji coba yang dilakukan menunjukan (1) terdapat pengaruh motivasi melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam mata kuliah Persamaan Diferensial terhadap hasil belajar (2) Pendekatan Matematika Realistik efektif diterapkan dalam mata kuliah persamaan diferensial. Hal ini didasarkan pada hasil uji regresi yaitu ketuntasan rata-rata hasil belajar mahasiswa dengan batas KKM = 65 sebesar 76,45 dan hasil belajar matematis mahasiswa dipengaruhi oleh keaktifan dan motivasi mahasiswa sebesar 85,4%. Berarti terdapat pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar dan motivasi mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan matematika realistik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.



Kata Kunci: Pendekatan matematika realistik (PMR), hasil belajar, motivasi, persamaan diferensial

Full Text:

PDF

References


Authors: Dian Permana Putri, Herri Sulaiman, Ika Wahyuni and Jajo Firman Raharjo

Date of Publication: 14 November 2015

Conference : Seminar Nasional Pendidikan, Indonesia Berm

ISBN:978-602-73524-0-7

Pages : 351-364


Refbacks

  • There are currently no refbacks.