KAJIAN GRAMATIKAL TEKS BERITA DALAM KORAN HARIAN RADAR CIREBON SEBAGAI BAHAN AJAR MATA KULIAH PENYUNTINGAN PADA MAHASISWA PRODI DIKSATRASIA

Riskha Arfiyanti, Mira Nuryanti, Bela Nurzaman

Abstract


Perkembangan koran lokal di Cirebon mengukuhkan eksistensi dunia penerbitan sekaligus merupakan representasi pembinaan dan perkembangan bahasa jurnalistik di daerah sebagai wahana pencerdasan pada masyarakat. Namun, pada praktiknya masih terdapat kekeliruan penggunaan bahasa yang dimuat di media massa tersebut. Jika fakta kebahasaan tersebut dibiarkan, bahasa media tidak akan berwujud sehingga menjadi wahana belajar yang kontraproduktif bagi masyarakat.
Dalam Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Diksatrasia), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, terdapat mata kuliah pilihan untuk membekali mahasiswa keterampilan kecakapan hidup sehingga mereka memungkinkan memilih profesi lain, selain menjadi guru, yakni sebagai penyunting atau editor dalam dunia penerbitan, baik penerbitan buku maupun penerbitan media massa.
Salah satu kendala dalam pelaksanaan perkuliahan Mata Kuliah Penyuntingan adalah minimnya bahan ajar yang sesuai dengan silabus. Dalam penelitian ini, bahan ajar yang dimaksud ialah modul penyuntingan teks berita.
Masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut. Bagaimanakah penggunaan gramatikal teks berita dalam harian umum surat kabar Radar Cirebon? Bagaimanakah bentuk rancangan bahan ajar Mata Kuliah Penyuntingan sebagai hasil kajian gramatikal teks berita dalam harian umum surat kabar Radar Cirebon? Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan penggunaan gramatikal teks berita dalam harian umum surat kabar Radar Cirebon; dan mendeskripsikan bentuk rancangan bahan ajar Mata Kuliah Penyuntingan sebagai hasil kajian gramatikal teks berita dalam harian umum surat kabar Radar Cirebon?
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks berita koran harian Radar Cirebon. Data penelitian berupa kata dan kalimat dalam teks berita yang masih belum berterima secara gramatikal. Untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode simak (baca) teks berita
Penelitian menghasilkan bahan ajar berupa modul Mata Kuliah Penyuntingan yang di dalamnya terdapat kajian kebahasan jurnalistik dari segi kelayakan gramatikal, baik kata maupun kalimat, pada koran harian Radar Cirebon. Dengan penggunaan modul ini diharapkan mahasiswa sebagai calon penyunting terampil dalam menyunting bahasa media jurnalistik. Namun, dalam makalah ini, hanya mendeskripsikan rumusan masalah yang pertama karena rancangan bahan ajar masih dalam proses penelitian.

Kata Kunci: kajian gramatikal, teks berita, bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Penulis Riskha Arfiyanti, Mira Nuryanti, Bela Nurzaman

Tanggal Publikasi 2015

Prosiding Seminar Nasional dengan tema "Meningkatkan Kompetensi Guru yang Mandiri dalam Menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN"

ISBN 978 602 727670 08

Halaman 150-157

Penerbit PBS Indonesia FKIP Uninus Bandung dan CV Semiotika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.