KAJIAN LITERASI DALAM BUKU AJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

Mira Nuryanti, Juwanda Juwanda

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyempurnaan Kurikulum 2013. Dalam buku ajar siswa kelas VII Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, muncul proyek literasi pada setiap akhir unit buku. Pada proyek literasi tersebut, siswa diwajibkan membaca buku yang berkaitan dengan teks yang sudah dipelajari. Berdasarkan hasil disksusi forum MGMP Bahasa Indonesia SMP kelas VII Kabupaten Cirebon, diperoleh data sebagai berikut. Pertama, proyek literasi muncul dalam tiap bab atau akhir pelajaran. Para guru bahasa Indonesia yang akan mengimplementasiakan Kurikulum 2013 revisi pada tahun ajaran baru tahun ini terbentur pada perencaaan proyek literasi tersebut. Kedua, hasil proyek literasi harus bermanfaat untuk pengembangan keilmuan siswa sehingga guru harus membuat formula yang efektif agar hasil proyek literasi itu efektif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan tersebut, dirumuskan masalah sebagai berikut. Bagaimanakah bentuk perencanaan proyek literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII berdasarkan buku ajar? Bagaimanakah bentuk evaluasi proyek literasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII berdasarkan buku ajar? Hasil penelitian ini akan memberikan rekomendasi pada para guru kelas VII yang akan mengimplementasikan proyek literasi sebagai wujud penerapan Kurikulum 2013 revisi.
kata kunci: proyek literasi, perencanaan proyek literasi, evaluasi proyek literasi

Full Text:

PDF

References


Penulis : Mira Nuryanti & Juwanda

Tanggal Publikasi : 26 September 2016

Prosiding Seminar Internasional Riksa Bahasa X

dengan tema"Literasi dan Budaya Bangsa"

ISBN : 978-602-60080-0-8

halaman : 578582

penerbit: Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.