BAHASA JAWA DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT BERBAHASA SUNDA (Kajian Antropolinguistik di Desa Patuanan, Majalengka)

hesti muliawati

Abstract


Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi, bekerja sama, dan mengidentifikasikan diri dalam suatu masyarakat bahasa (speech comunity). Anggota masyarakat bahasa biasanya terdiri atas berbagai status sosial dan latar belakang budaya yang berbeda. Perbedaan tersebut berdampak pada variasi penggunaan bahasa oleh masyarakat. Berkaitan dengan variasi bahasa, letak geografis suatu daerah juga akan menentukan variasi bahasa masyarakatnya.
Seperti yang kita ketahui, bahwa negara Indonesia memiliki banyak bahasa daerah dan sudah jelas bahwa masyarakat Indonesia dikatakan multibahasawan. Hal ini terlihat dari penggunaan berkomunikasi masyarakat yang beragam. Dalam kesehariannya masyarakat menggunakan bahasa ibu (first language) sebagai alat komunikasi dan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua (second language) yang digunakan dalam situasi resmi.
Berdasarkan keanekaragaman tersebut, terdapat fenomena kebahasaan yang sangat unik untuk dikaji, yakni berada di Desa Patuanan, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka. Desa Patuanan dikatakan sebagai “Jawa Tengah” karena mayoritas masyarakatnya berbahasa Jawa, padahal diketahui bahwa desa ini berada di wilayah Kabupaten Majalengka yang mayoritas masyarakatnya berbahasa Sunda. Sehingga, Desa Patuanan memiliki keunikan tersindiri dibandingkan dengan tetangga desa lainnya yang berdekatan.
Adapun tujuan dari penelitian ini, yakni: 1) mendeskripsikan variasi bahasa masyarakat Desa Patuanan, Majalengka; dan 2) mendeskripsikan keterkaitan antara bahasa dan budaya masyarakat di Desa Patuanan, Majalengka. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa masyarakat Desa Patuanan mayoritas berbahasa Jawa dikarenakan ada keterkaitannya antara bahasa dengan kebudayaan mengenai awal mula keberadaan desa tersebut.

Kata kunci: masyarakat bahasa, variasi bahasa, dan keterkaitan antara bahasa dan kebudayaan

Full Text:

PDF PDF

References


Penulis : Hesti Muliawati

Tanggal Publikasi : 2016

Prosiding Seminar Tahunan linguistik. Universitas Pendidikan Indonesia, dengan tema "Analisis Bahasa dari Sudut Pandang Linguistik Forensik"

ISBN : 978-602-60006-0-6

Halaman 218-221

Penerbit : Prodi linguistik SPs Universitas Pendidikan Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.