Peran Guru Pembelajar sebagai Pegiat Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan dan Solusi

jimat jim susilo, Veronica Endang Wahyuni

Abstract


Saat ini, pencanangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di tingkat satuan pendidikan sudah mulai digalakkan. Banyak faktor yang sangat mempengaruhi pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah, baik yang bersifat faktor pendukung maupun faktor penghambat program tersebut. Permasalahan yang mendasari pencanangan GLS pada saat ini adalah rendahnya minat baca siswa. Upaya pemerintah mengatasi permasalahan rendahnya minat baca siswa yaitu dengan menggiatkan GLS. GLS merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan terutama jenjang pendidikan dasar dan menengah. Akan tetapi, dalam praktik pelaksanaan program tersebut masih banyak ditemui kendala. Kendala tersebut berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Guru sebagai ujung tombak dalam GLS dituntut mampu menjalankan perannya dengan baik. Perlu pendekatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu solusi yang dapat digunakan yaitu guru dalam menjalankan perannya sebagai manajer di kelas dalam pelaksanaan GLS adalah dengan mengimplementasikan konsep trilogi kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara.

Kata Kunci: Mengulik, Peran Guru Pembelajar, Gerakan Literasi Sekolah

Full Text:

PDF

References


Author : Jimat Susilo & Veronica Endang Wahyuni

Publication date : 14 Desember 2016

Prosiding : Seminar Nasional Pengembangan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Pengukuhan Jatidiri Kebudayaan Bangsa

ISBN : 978-602-7125-22-2

Pages : 528-536

Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.