DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GEOMETRI VAN HIELE

Tri Nopriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji masalah peningkatan disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran geometri van Hiele. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Kota Cirebon. Subjek sampel adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen terdiri dari angket disposisi matematis siswa pada pembelajaran geometri yang terdiri atas 29 pernyataan dengan 4 kategori skala model Likert, yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Tidak Setuju (TS) dan Sangat Tidak Setuju (STS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan disposisi matematis siswa yang melalui pembelajaran dengan Model Pembelajaran Geoemtri van Hiele tidak lebih baik daripada siswa yang melalui pembelajaran dengan Model Pembelajaran Konvensional. Kategori peningkatan disposisi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran geometri van Hiele dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional tergolong rendah.

Kata kunci : Model pembelajaran geometri Van Hiele, Disposisi Matematis.

Full Text:

PDF

References


DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GEOMETRI VAN HIELE

Oleh : Tri Nopriana

Dipublikasikan pada Jurnal Fibonacci, Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Universitas Muhammadiyah Jakarta, Volume 1 No. 2, Desember 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.