EFEKTIVITAS PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

Muchamad Subali Noto, Tonah Tonah, Hernati Hernati

Abstract


Abstrak
Pendekatan metakognitif dan kemandirian belajar membantu siswa untuk menuangkan hasil
pemikiran siswa sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki sehingga dapat membangun
kemampuan berpikir kritis siswa itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
ketuntasan individual dan klasikal, mengetahui pengaruh dari pendekatan metakognitif dan
kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, mengetahui
pengaruh dari pendekatan metakognitif terhadap kemandirian belajar, mengetahui pengaruh
langsung dan tidak langsung dari pendekatan metakognitif terhadap kemampuan berpikir
kritis matematis siswa. Metode yang digunakan quasi eksperiment dan sampel satu kelas
sembilan. Instrumen yang digunakan soal uraian, lembar observasi dan angket. Pengolahan
data yaitu dengan uji proporsi dan uji rata-rata satu pihak, uji analisis jalur (path analysis),
dan uji Sobel dibantu dengan teknik bootstrapping. Hasil dari penelitian diperoleh (1)
kemampuan berpikir kritis siswa mencapai ketuntasan individual dan klasikal dengan ratarata
76,29; (2) terdapat pengaruh dari pendekatan metakognitif dan kemandirian belajar
terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) terdapat pengaruh dari pendekatan
metakognitif terhadap kemandirian belajar siswa; (4) terdapat pengaruh langsung dan tidak
langsung dari pendekatan metakognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Maka pembelajaran dengan pendekatan metakognitif terhadap kemandirian belajar dan
kemampuan berpikir kritis matematis siswa dikatakan efektif.
Kata kunci: Pendekatan Metakognitif, Kemandirian Belajar, Berpikir Kritis
Abstract
Metacognitive approach and self regulated learning helps students to pour the ideas of
students according to their abilities so that they can build critical thinking skills students
themselves. The purpose of this study was to determine the individual and classical
completeness, determine the effect of metacognitive approach and self regulated learning to
critical thinking mathematically, determine the effect of metacognitive approach towards self
regulated, knowing the direct and indirect influence of metacognitive approach to critical
thinking mathematically. The method used quasi experiment and sample is ninth grade.
Instruments used about the description, observation sheets and questionnaires. Data
processing is the proportion of test and test an average of one tail, the test path analysis, and
Sobel test assisted by bootstrapping techniques. The results of the study showed (1) critical
thinking mathematically students achieve mastery of individual and classical with an average
of 76.29; (2) there is the influence of metacognitive learning and self regulated learning
approach to critical thinking mathematical; (3) there is the influence of metacognitive
approach towards self regulated learning; (4) there is a direct and indirect effect of
metacognitive approach to critical thinking mathematical. So learning with metacognitive
approach towards self regulated learning and critical thinking mathematical to be effective.
Keywords: Metacognitive Approach, Self Regulated Learning, Critical Thinking

Full Text:

PDF

References


Author : M. Subali Noto, Tonah, Hernati

Publication date : 1 Februari 2015

Jurnal : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika (JPPM)

ISSN : 1979-3545

Volume : 8 No. 1

Pages : 47-52

Publisher : Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.