Pengaruh Motivasi dan Aktivitas dalam Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme terhadap Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis pada Mata Kuliah Aljabar Linear 1

M. Subali Noto, Cita Dwi Rosita, Laelasari Laelasari

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh
motivasi dan aktivitas dalam pendekatan pembelajaran konstruktivisme terhadap
kemampuan pemahaman dan penalaran matematis mahasiswa pada mata kuliah Aljabar
Linear I. Melalui penelitian ini diharapkan terjadinya peningkatan baik pada
kemampuan pemahaman maupun kemampuan penalaran matematis pada mahasiswa.
Dengan adanya peningkatan pada kedua kemampuan tersebut maka diharapkan
kemampuan berpikir dan sikap kreatif serta pemecahan masalah matematis mahasiswa
juga meningkat sehingga tumbuh minat, motivasi dan sikap positif untuk belajar
matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen berdesain
one group pretest-postest. Dari populasi seluruh mahasiswa tingkat 3 peserta
perkuliahan Aljabar Linear I dipilih satu kelompok mahasiswa secara acak sebagai
sampel. Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis uji regresi
sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengaruh motivasi dalam
pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa
sebesar 75,4% sedangkan aktivitas mahasiswa berpengaruh sebesar 73,9%; 2) pengaruh
motivasi dalam pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan penalaran matematis
mahasiswa sebesar 79,3% sedangkan aktivitas mahasiswa berpengaruh sebesar 69,2%.
Kata Kunci: Pengaruh, Motivasi, Aktivitas, Pendekatan Konstruktivisme, Pemahaman, Penalaran

Full Text:

PDF

References


Author : M. Subali Noto, Cita Dwi Rosita, Laelasari

Publication date : 27 Desember 2014

Conference : Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan (SENDIKMAD 2014) dengan Tema: Revitalisasi Pendidikan Matematika Menuju AFTA 2015.

ISSN : 9 772407 749004

Pages : 525-535

Publisher : Universitas Ahmad Dahlan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.