Profil Calon Guru Sastra; Studi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP-Unswagati Cirebon

Abdul Rozak

Abstract


Abstrak
Persiapan sebagai guru sastra ideal, yang diharapkan memerlukan waktu dan dana di
samping program berkualitas yang dirancang berdasarkan gambaran kondisi yang ada.
Bagaimana program pendidikan di LPTK diselenggarakan,khusus mendidik guru sastra
pada akhirnya harus didasarkan pada wawasan dan kekuatan riset. Oleh karena itu,
penelitian ini dimaksudkan sebagai upaya awal dalam menata program pembelajaran di
FKIP-Unswagati Cirebon, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Apa yang
diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa kerja lembaga perlu ditingkatkan
karena kemampuan calon guru sastra ini masih jauh dari harapan. Pada penelitian ini
terungkap penguasaan teoricalon guru sastra masih jauh dari yang diharapkan. Dalam
hal minat masih memerlukan motivasi yang tinggi untuk sampai pada kriteria ideal.
Calon guru sastra masih jauh dari yang diharapkan. Masih memerlukan motivasi yang
tinggi untuk sampai pada kriteria ideal. Gambaran pengalaman baca calon guru sastra
belum menunjukkan kekuatan yang cukup dan bervariasi. Pada umumnya mereka
membaca buku-buku yang telah dikenalnya. Apa yang diperlihatkan para calon guru
sastra belum menunjukkan arah yang menggembirakan. Mereka pada umumnya
membaca buku-buku yang telah lama. Dalam hal keikutsertaan perkembangan sastra
beberapa responden membaca buku-buku baru karena terbawa arus publikasi. Mereka
belum mempunyai kriteria memilih buku yang baik sesuai dengan ketentuan tingkat
kesastraan.
Kata kunci : calon guru, sastra, teori, minat, pengalaman baca, keikutsertaan

Full Text:

PDF

References


Disampaikan pada Seminar Nasional Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia,

Bogor 27-28 November 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.