PENGARUH TEKNIK 3N (NITENI, NIROAKE, DAN NAMBAHI) KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA

Abdul Rozak, Wardina .

Abstract


Abstrak
Penelitian ini difokuskan untuk menganalis teknik 3N Ki Hajar Dewantara
dan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN 4 Kenanga. Permasalahan
yang dibahas adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran menulis narasi
menggunakan teknik 3N Ki Hajar Dewantara pada siswa kelas IV SDN 4
Kenanga, pengaruh teknik 3N Ki Hajar Dewantara terhadap kemampuan menulis
narasi siswa kelas IV SDN 4 Kenanga, dan karakteristik tulisan narasi siswa kelas
IV SDN 4 Kenanga dengan menggunakan teknik 3N Ki Hajar Dewantara.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD yang berakreditasi A di
Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, sedangkan sampel ditentukan dengan
menggunakan sampel purposif, memilih siswa kelas IV SDN 4 Kenanga yang
berjumlah 26 orang sebagai subjek penelitian. Objek penelitian berupa teknik 3N
Ki Hajar Dewantara dan kemampuan menulis narasi siswa. Instrumen yang
digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta tes kemampuan
menulis narasi. Data yang dikumpulkan meliputi data aktivitas siswa dan guru,
serta data kemampuan siswa dalam menulis narasi. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan aktivitas
siswa dalam pelaksanaan pembelajaran menulis narasi, (2) terdapat pengaruh
teknik 3N Ki Hajar Dewantara terhadap kemampuan siswa dalam menulis narasi,
dan (3) siswa telah dapat membuat tulisan narasi berdasarkan kelengkapan empat
unsur pembentuk narasi namun dalam hal keterpaduan, penggunaan bahasa, dan
penggunaan EYD masih rendah sehingga diperlukan adanya latihan yang intensif.
Perhitungan statistik hasil belajar siswa dengan menggunakan uji t didapatkan
hasil t hitung sebesar 14,538 ternyata lebih besar daripada t tabel sebesar 2,060.
Hal ini berarti teknik 3N Ki Hajar Dewantara berpengaruh secara signifikan dalam
meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN 4 Kenanga.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat diajukan saran
untuk guru agar menggunakan teknik 3N Ki Hajar Dewantara sebagai salah satu
alternatif dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi,
karena dapat memotivasi, menumbuhkan minat, dan kreativitas siswa dalam
mengekspresikan kemampuan siswa dalam menulis.
Kata Kunci : teknik 3N Ki Hajar Dewantara, menulis narasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.