Berpikir Geometri Melalui Model Pembelajaran Geometri Van Hiele

Tri Nopriana

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji masalah peningkatan kemampuan berpikir geometri siswa melalui model pembelajaran geometri van Hiele. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Kota Cirebon. Subjek sampel adalah siswa kelas VII sebanyak dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen terdiri dari tes berpikir geometri yang disusun oleh Usiskin (1987) dan dialihbahasakan oleh penulis kedalam Bahasa Indonesia.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir geometri siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model pembelajaran geometri van Hiele lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran geometri van Hiele memberikan pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir geometri siswa, selain itu pencapaian level berpikir geometri siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran geometri Van Hiele lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Model pembelajaran geometri Van Hiele, kemampuan berpikir geometri dan level berpikir geometri.

Full Text:

PDF

References


Authors : Tri Nopriana

Publication date : 2014/1

Journal : Delta

Volume : 2

Issue : 1

Publisher : Pendidikan Matematika FKIP Universitas Pekalongan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.